PENGANTAR TRAINING
Lingkungan bisnis merupakan faktor yang sangat berpengaruh pada proses bisnis sebuah organisasi, perubahan yang terjadi pada lingkungan bisnis harus dapat direspon secara positif oleh organisasi, supaya organisasi tersebut dapat tetap eksis ditengah iklim persaingan atau bahkan meraih keunggulan kompetitif. Kepekaan inilah yang belakangan menjadi kebutuhan para top level manajemen untuk senantiasa dinamis dalam menyikapi isu-isu seputar perubahan di hampir semua organisasi.
Pada prinsipnya banyak alat manajemen (tools) yang dapat digunakan oleh organisasi bisnis untuk mengukur, memonitor serta mengeveluasi hasil sebuah proyek manajemen perubahan yang sedang diimplementasikan.
Beberapa diantaranya bahkan cukup memberikan manfaat yang luar biasa bagi perusaahaan, seperti Malcolm Baldrige dan Metode 360 Degrees. Kedua model ini dapat dikatakan sangat populer di dunia bisnis pada 20 tahun belakangan ini. Strategi Change Management yang komprehensif harus mengarah ke tujuan yang diinginkan dan menciptakan rasa kepemilikan, sehingga memungkinkan perbaikan berkelanjutan, terukur dan membangun kemampuan untuk menghadapi perubahan di masa depan.
TUJUAN
Memahami pentingnya manajemen perubahan sebagai bagian dari strategi perusahaan dalam rangka meningkatkan proses bisnis untuk meraih keunggulan kompetitif serta mampu menjalankannya secara efektif
Memahami secara utuh konsep teoritikal dari perubahan yang mencakup aspek individual, kelompok kerja dan organisasional, sehingga memiliki perspektif yang memadai.
Memiliki wawasan atas berbagai dinamika, masalah dan peluang dalam berbagai proses perubahan
Mampu Melihat perubahan sebagai peluang untuk maju, sehingga tidak sepatutnya untuk ditakuti atau ditolak.
Mengidentifikasi strategi dan taktik implementasi manajemen perubahan di tempat kerja melalui pemanfaatan tools manajemen yang relevan dengan kondisi perusahaan
MATERI
1. Change Management dalam Perspektif Manajemen Strategis Perusahaan
2. Change Management Framework
3. Prinsip-prinsip manajemen perubahan
4. Peran Top Management dalam Efektifitas Manajemen Perubahaan
5. Delapan Tahap Proses Kotter’s Untuk Menciptakan Perubahan Utama
6. Tiga Tahapan Bridge’s Untuk Mengelola Model Transisi
7. Pendekatan Manajemen Proyek Perubahan
Tahapan Pre-approval
Tahapan Diagnosis dan Scoping
Tahapan Idea/ Concept Development
Tahapan Design dan Development
Tahapan Implementasi
Tahapan Post Implementation Review
8. Meningkatkan kemampuan strategi komunikasi dalam manajemen perubahan
9. Pemanfaatan Tool Management dalam Implementasi Manajemen Perubahan: Identify, Planning, Measuring, Monitoring and Controlling the Change efforts
§ Malcolm Baldrige
a. Malcolm Baldrige Criteria (Leadership, Strategic Planning, Customers and Market Focus, Measurement, Analysis, and Knowledge Management, Workforce Focus, Process Management, Results
b. Metode Penyusunan Aplikasi
c. Scoring System
d. The Impact of the Baldrige Awards
§ 360 Degrees Feedback
a. Sistem Performance Appraisal (PA) dan 360-degree Feedback
b. 360-degree Feedback Sebagai Developments Tools
c. Merencanakan 360-degree Feedback : Tujuan, Ratee (subject), Rater (responders), Jenis Informasi atau kompetensi yang dibutuhkan
d. Merancang kuesioner, Jenis-Jenis Kuestioner, Skala Penilaian
e. Analisis dan Reporting
10. Simulasi, Role Playing Dan Studi Kasus
11. Faktor-faktor Kegagalan dalam Pengelolaan Perubahan
12. The Key Success in Organisation’s Change Management Program
13. Memaintain budaya organisasi yang sesuai dengan perubahan
PESERTA
Pelatihan ini sangat tepat untuk diikuti oleh karyawan maupun pimpinan yang beminat untuk memahami bagaimana cara mengelola konflik
METODE PELAKSANAAN
Dalam pelatihan ini menggunakan metode interkatif, dilaksanakan dalam bentuk presentasi ceramah dan diskusi interaktif
INSTRUKTUR
WAKTU PELAKSANAAN
2 Hari (Dimulai Pukul: 09.00 - 16.00 efektif 14 Jam)
INVESTASI TRAINING
Rp.6.000.000/peserta (tidak termasuk biaya akomodasi penginapan)
FASILITAS
Lunch, Sertifikat, Modul, Coffee Break, Training Kit diselenggarakan di hotel berbintang
INFO & PROMO
021-22830080
081296791324 (WA)
CONTACT PERSON
0811-996-1224 (WA)
0812-9679-1324 (WA)
JADWAL TRAINING TAHUN 2025 :
Desember
· 1-2 Desember 2025, Medan
· 8-9 Desember 2025, Jakarta
· 15-16 Desember 2025, Bandung
· 23-24 Desember 2025, Surabaya
· 30-31 Desember 2025, Yogyakarta
Jadwal Online & OfflineTahun 2026:
Januari
- 6-7 Januari 2026, Jakarta
- 13-14 Januari 2026, Malang
- 20-21 Januari 2026, Bandung
- 27-28 Januari 2026, Surabaya
Februari
- 3-4 Februari 2026, Bandung
- 10-11 Februari 2026, Bali
- 19-20 Februari 2026, Yogyakarta
- 25-26 Februari 2026, Semarang
Maret
- 4-5 Maret 2026, Jakarta
- 11-12 Maret 2026, Bandung
- 30-31 Maret 2026, Surabaya
April
- 8-9 April 2026, Lombok
- 15-16 April 2026, Bandung
- 22-23 April 2026, Batam
- 29-30 April 2026, Jakarta
Mei
- 5-6 Mei 2026, Bandung
- 12-13 Mei 2026, Jakarta
- 19-20 Mei 2026, Yogyakarta
- 28-29 Mei 2026,Surabaya
Juni
- 4-5 Juni 2026, Jakarta
- 11-12 Juni 2026, Semarang
- 18-19 Juni 2026, Bandung
- 25-26 Juni 2026, Yogyakarta
Juli
- 8-9 Juli 2026, Surabaya
- 15-16 Juli 2026, Bandung
- 22-23 Juli 2026, Yogyakarta
- 29-30 Juli 2026, Jakarta
Agustus
- 5-6 Agustus 2026, Yogyakarta
- 12-13Agustus 2026, Jakarta
- 20-21 Agustus 2026, Malang
- 27-28 Agustus 2026, Surabaya
September
- 9-10 September 2026, Yogyakarta
- 16-17 September 2026, Jakarta
- 23-24 September 2026, Bandung
- 29-30 September 2026, Yogyakarta
Oktober
- 7-8 Oktober 2026, Bandung
- 14-15 Oktober 2026, Jakarta
- 21-22 Oktober 2026, Yogyakarta
- 28-29 Oktober 2026, Surabaya
November
- 4-5 November 2026, Lombok
- 11-12 November 2026, Jakarta
- 18-19 November 2026, Yogyakarta
- 25-26 November 2026, Surabaya
Desember
- 3-4 Desember 2026, Bandung
- 10-11Desember 2026, Jakarta
- 17-18 Desember 2026, Yogyakarta
29-30 Desember 2026, Bali
Klik link form registrasi https://bit.ly/FormRegistrasiPTGIP